Oppie Andaresta Manggung Meski Virtual



Pandemi Covid-19 yang menyebar di Indonesia tidak hanya menghantam sektor kesehatan, ekonomi, juga pariwisata. Sektor lain, termasuk budaya senior, juga meningkat guncangan global, meningkat pandemi global ini. Festival dan festival yang dibatalkan atau ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Hal ini membahas dampak langsung terhadap para pekerja senior yang membahas tentang hidup dari panggung ke panggung.
Kepentingan akan membuka ruang kreasi untuk pekerja senior pandemi Covid-19 ini mendukung kampanye Oppie Andaresta untuk menggelar kegiatan yang bertajuk Guyub Sore. Kegiatan yang didukung oleh Yayasan Bakti Budaya Djarum ini menjadi ruang bagi para pengunjung dan pekerja senior untuk berbagi cerita dan menampilkan rumah masing-masing.
“Dua tahun ini saya sudah biasa bikin acara untuk para senior dan festival tapi pandemi ini tidak memungkinkan untuk menggelar panggung-panggung yang menampilkan orang banyak. Guyub Sore ini menjadi respons dari keresahan teman-teman yang lolos dari berkesenian. Pandemi ini membuat mereka bisa tampil di panggung yang seharusnya tidak ada pemasukan karena mereka harus ada panggung untuk bisa hidup. Acara ini menjadi panggung untuk para senior, khususnya di daerah dalam bentuk virtual, ”ujar Oppie Andaresta.
Guyub Sore ini menampilkan senior dari berbagai bentuk, antara lain sastra, musik, hingga dongeng nusantara. Dengan konsep ngabuburit, Oppie dan para pendukung senior ini akan menyediakan perih dengan ngobrol santai dan menampilkan karya senior dari masing-masing rumah. Acara yang digelar sejak tanggal 7 hingga 19 Mei 2020 ini digelar setiap pukul 16.00 WIB yang disiarkan langsung melalui instagram langsung di akun @oppieandaresta. 
“Pandemi Covid-19 ini membuat perubahan dimensional dalam dunia seni pertunjukan. Ruang pentas yang terhubung dengan bangunan fisik kini terhubung dalam ruang daring (online). Kita harus dapat mempertimbangkan kembali agar ekosistem industri senior tetap bertahan. Menonton pertunjukan senior melalui layar gawai, laptop, juga televisi tentu terasa berbeda dengan menonton langsung di pentas atau gedung pertunjukan, ”ujar Renitasari Adrian, Direktur Program Yayasan Bakti Budaya Djarum.

Namun, ruang berani membagikan ruang terbatas dan memberikan kesempatan menonton yang sama bagi para penikmat seni di berbagai daerah. Guyub Sore yang diinisiasi oleh Oppie Andaresta ini salah satu bentuk program yang menjadi wadah bagi para senior, baik di Jakarta maupun di daerah untuk tetap kreatif dalam bekerja yang menggarap kita dukung dan apresiasi.

“Situasi pandemi membuat kita harus berhadapan dengan situasi baru seperti saat ini dan para pegiat senior bisa bertahan dengan tetap menggunakan ruang virtual. Kita harus tetap berusaha membuat tontonan yang menginspirasi, bermanfaat dan tetap mengangkat budaya Indonesia. Di bulan Ramadhan yang penuh berkah, kita tetap kreatif dan tetap manggung sambil virtual. Semoga bermanfaat dan berkah,” tutup Oppie. 

Hari, tanggal
Nama Pelaku Seni
Bidang
Lokasi
Kamis
07 Mei 2020
Bagus Mazasupa
Musisi
Yogyakarta
Sabtu
09 Mei 2020
Bimbim Slank
Musisi
Jakarta
Senin
11 Mei 2020
Nova Ruth
Musisi
Malang
Rabu
13 Mei 2020
Bagong Soebardjo
Wayang Dongeng
Yogyakarta
Jumat
15 Mei 2020
Ucok Hutabarat & Denny Dumbo
Musisi
Yogyakarta
Sabtu
16 Mei 2020
Joko Pinurbo
Penyair
Yogyakarta
Minggu
17 Mei 2020
Bonita & Adoy
Musisi
Salatiga
Selasa
19 Mei 2020
Kak Resha
Pendongeng
Depok