"'Jejak Langkah" Mendiang Glenn Fredly Di Mata Tokoh Nasional



Ketika langit malam menampilkan keindahan bulan purnama, lain halnya dengan kancah music tanah air pada hari Rabu, 8 April 2020, malam.  Saat itu, berbagai lini media sosial memberitakan berita duka berpulangnya penyanyi solo terbaik Indonesia, Glenn Freddly.  Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Setia Mitra, Jakarta Selatan, setelah berjuang melawan penyakit selaput radang otak (meningitis) yang diidapnya selama ini.

Ratusan pesan duka terhadap penyanyi asal Ambon ini pun mulai bertebaran di lini media sosial dengan tagging berupa #ripglenn. Bahkan dalam waktu tidak sampai 3 jam kabar kepergiaannya telah menjadi trending topic Twitter dengan lebih dari 250.000 cuitan. Baik rekan, sahabat, maupun pengemarnya memberikan ucapan duka cita maupun keterkejutan atas perginya yang dianggap mendadak. Pemiliki lagu “Kasih Putih” ini, pergi kembali ke Sang Pemilik Semesta dengan meninggalkan istri tercinta , Mutia Ayu, dan putri kecil mereka, Gewa, ditepat 40 hari usia sianak.

Dari berbagai unggahan duka cita dari rekan dan sahabat pria  bahkan tokoh penting negeri ini pun, diberikan untuk penyanyi bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo, berikut rangkumannya dari moreschick tentang si penyanyi legendaris tersebut bersama rekan baik di dibidang music maupun politik. Kesan mereka terhadap Glenn baik sebagai musisi maupun pejuang kemanusiaan.

1.      Dewi Lestari (@deelestari)
Novelis dan lirikus ini memberikan ungkapan kehilangan atas kepergian Glenn dengan menyampaikan  protes terpendamnya tentang kisah dibalik lagu “Malaikat juga Tahu” yang dibawakan almarhum. Dee menyebutkan: 

ada lirik yang Glenn salah nyanyikan, yakni “relakanku pergi” padahal seharusnya “melarangku pergi”. Bagi seorang lirikus, itu persoalan besar, Kaka. Pesan lagu jadi bergeser, cerita jadi terdeviasi, sebagian pendengar malah jadi menghafal lirik yang keliru. Namun, entah kenapa, protes itu seperti tak punya kesempatan untuk disampaikan. Tiap kali kita bertemu, yang diobrolkan selalu hal lain. Mungkin juga karena saya pelupa. Namun, dari titik ini, titik di mana Kaka Glenn selamanya pergi, saya bersyukur akan sebaris lirik yang berbeda itu. Ibarat retak yang memberikan karakter abadi kepada vas porselen, baris yang Kaka nyanyikan menjadi ciri tersendiri bagi lagu Malaikat Juga Tahu versi Kaka. Menjadi memori tak terlupakan bagi saya. Menjadi penanda unik dalam relasi kita’.

Dewi Lestrari juga menyampaikan kesan mengenai kebersaman yang singkat meski telah mengenal lama: ‘you’re one of a kind. Bakat, olah rasa, dan semangatmu berkarya, akan menjadi inspirasi bagi banyak manusia Indonesia. Hingga bertahun-tahun ke depan. I hope you know that. Ia pun menyampaikan kutipan yang dikatakan oleh suaminya, Reza Gunawan (@rezagunawan): ‘lirik versimu menjadi terdengar sebagai salam perpisahan. Farewell, Kaka Glenn. Rest in peace’.

2.      Najwa Shihab (IG: @najwashihab)
Najwa memanggilnya dengan sebutan Kak Glenn. Yaps, Glen bersama Trio Lestarinya (dr. Tompi dan Sandy Sandhoro) sering tampil pada acara Mata Najwa maupun acara di Narasi TV. Presenter sekaligus jurnalis ini, menyampaikan keterkejutannya atas kepergian musisi dengan suara merdu ini karena baru saja bersama-sama penyanyi lain membuat penggalangan dana melalui konser amal terkait virus Covid19. 

Saat itu, almarhum diminta untuk menyanyikan lagu “Rumah Kita” dan beliau secara professional memberikan video bernyanyinya. Bahkan bekangan diketahui kalau saat memuat video tersebut, Glenn Fredly sedang menahan sakit kepala akibat meningitis yang dideritanya. Najwa mengambarkan sosok almarhum sebagai musisi yang tidak pernah mengecewakan orang lain. Hal itu terbukti dari kebesaran hati Glenn yang meski sedang sakit tanpa diketahui oranglain tetap berpartisipasi dalam konser amal #dirumah aja untuk virus penyebab penyakit covid19 ini.

3.       Tantowi Yahya (@tantowiyahyaofficial)
Tantowi Yahya yang saat ini menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk kawasan Selandia Baru, Samoa, dan Kerajaan Tonga, menyampaikan keterkejutan dan kesedihan yang mendalam atas kepergian Glenn Fredly secara tiba-tiba. Memang sedikit yang mengetahui kalau penyanyi tersebut selama ini menderita sakit. Dikutip dari unggahan Tantowi diakun Instagramnya, beliau mengatakan bahwa:

Glenn memang istimewa. Dia bukan sekedar seniman komplit, dia aktivis perjuangan perbaikan nasib penggiat musik Indonesia yang tidak pernah letih. Di negeri kita memperjuangkan ini bukan pekerjaan mudah namun dia terus bergerak karena dia bukan seniman yang selfish. Sejak saya ditempatkan sebagai Dubes RI di Pasifik, Glenn kawan berpikir dan diskusi yang kritis dalam menghadirkan Indonesia di komunitas Melanesia dan Polinesia di Pasifik melalui musik. Bersama beberapa teman yang juga punya passion yang sama, Glenn sedang dalam perjuangan panjang memperbaiki ekosistem bisnis musik di Indonesia agar berkeadilan bagi pelakunya dan berkelanjutan industrinya, Tuhan memanggilnya pulang. Meski berat tapi Tuhan pasti punya rencana lebih baik buatnya’.

Tantowi juga menyebutkan bahwa karya-karya Glenn akan selalu hadir terutama perjuangan almarhum untuk mensejahterakan penggiat music di Indonesia. Tantowi juga mengatakan akan meneruskan perjuangan tersebut hingga music Indonesia semakin berkibar dan eksis di Pasifik, sayaTantowi  pasti akan menyebut nama Glenn Fredly.

4.       Sri Mulyani (@smindrawati)
Menteri Keuangan saat ini juga menyampaikan rasa duka cita dan kehilangan atas kepergian musisi trebaik bangsa ini, Glenn Fredly. Ibu Sri Mulyani menyebutkan rasa kepedulian yang besar Glenn terhadap berkembangnya industri musik dan kesejahteraan para musisi serta seniman Indonesia. Beliau juga memberikan potongan-potongan kenangan saat berinteraksi dengan Glenn Fredly, seperti saat bersama-sama revitalisasi kawasan Blok M (M Bloc Space) menjadi kawasan kreatif dan performance para artis muda, kepedulian dan kecintaan Glenn kepada Tanah Ambon sebagai Kota Musik Indonesia, dan keikusertaan untuk berdiskusi di Kemenkeu mengenai bagaimana mengembangkan industri musik di Indonesia.

Selamat tinggal Glenn Fredly, kepedulianmu adalah warisan abadi bagi dunia seni musik Indonesia. Selamat jalan ke peristirahatan terakhir, Glenn Fredly. Semoga engkau mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Salam dan peluk duka terdalam teruntuk Mutia Ayu dan putri tercinta Gewa. Ayahmu adalah sosok yang sangat membanggakan. Indonesia, kami semua kehilangan Glenn Fredly’.

Glenn Fredly bukan hanya penyanyi. Namun, almarhum ialah seorang musisi yang berjuang untuk Indonesia Timur, berjuang untuk keadilan dalam dunia musik, ikut serta dalam perjuangan “Tolak Reklamasi Benoa”, Berjuang bersama Jemaat GKI Yasmin. Glen juga dikenang sebagai sosok yang ramah dan rendah hati. Selamat Jalan Bung…Selamat bertemu dengan Sang Pemilik Semesta di Rumah-Nya. Seperti katamu, tidaklah penting nama baik itu, yang terpenting karya apa yang pernah diberikan dan itu bermanfaat untuk orang. Ya, karena pada akhirnya sebuah karya yang akan dikenang abadi.