Raih 4 Penghargaan Oscar 2020, Film Parasite Torehkan Sejarah


Gelaran Piala Oscar 2020 ini tidak seperti sebelum-sebelumnya. Sebab, ada sebuah film asal Korea Selatan berjudul “Parasite” yang mampu menyabet 4 nominasi sekaligus. Terlebih, Parasite merupakan film Asia yang pertama kali menyabet 4 nominasi sekaligus dengan tanpa penggunaan bahasa Inggris dalam dialognya. 

Sutradara Parasite Bong Joon-ho mampu memenangkan 4 penghargaan: film terbaik , penyutradaraan, film fitur internasional dan Penulisan (Skenario Asli) melalui film dengan genre komedi-drama-thriller tentang kelas dan rahasia.

Untuk pertama kalinya, sebuah film dalam bahasa non-Inggris memenangkan penghargaan dari genre film komedi-drama-thriller tentang kelas dan rahasia. "Ini adalah Oscar pertama ke Selatan. Korea," diungkapkan Bong Joon-ho, seperti disampaikan penerjemah Sharon Choi, di malam pengharrgaan itu.

Parasite adalah film yang membawa pulang penghargaan terbanyak di Oscar 2020, dengan memenangkan empat Academy Awards di Oscar malam itu. Akhirnya, Parasite masuk dalam catatan sejarah penghargaan Piala Oscar.

Ucapan terimakasih Bong Joon-ho
Pada malam penghargaan Oscar 2020 itu, Bong Joon Ho dengan murah hati memberikan penghormatan kepada rekan-rekan nominasi. Satu hal yang menyentuh dari komentarnya dan pengakuannya bahwa ia mempelajari pembuatan film dengan melihat karya-karya rekan calon sutradara , Martin Scorsese. Pernyataan in pun membat penonton melakukan tepuk tangan meriah untuk sutradara legendaris tersebut.

Untuk diketahui, in merupakan Oscar ke-92 yang dilaksanakan pada hari Minggu, 9 Februari 2020, di Dolby® Theatre di Hollywood & Highland Center® di Hollywood, dan disiarkan langsung melalui televisi di ABC dan di lebih dari 225 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Pada kesempatan itu juga, banyak komentar dari para produser film dan sutradara film ternama dunia terhadap film Parasite. "Saya merasa momen yang sangat tepat dalam sejarah sedang terjadi sekarang," kata produser Kwak Sin Ae, melalui penerjemah.

Sisi kemanusiaan Parasite
Seorang pengamat film dan hiburan Korea, bernama Miky Lee yang juga hadir dalam penerimaan penghargaan film Oscar itu awalnya berusaha untuk berbicara di mic di panggung, tetapi lampu di panggung meredup ketika kamera bersiap untuk kembali ke Jane Fonda (host) yang akan menutup malam. Tetapi para hadirin memprotes, meminta dengan keras dari kursi mereka agar sutradara panggung menyalakan kembali lampu dan membiarkan Lee berbicara.
“Gebrakan infeksi dari film Korea Selatan, yang berpusat pada dua keluarga di sisi yang berlawanan (kaya dan miskin) dari kesenjangan ekonomi inilah ternyata yang menjadi terlalu kuat untuk para pesaing Oscar, termasuk beberapa pembuat film Hollywood yang paling berpengalaman,” sebut Lee.

Selain Parasite sebagai film non-Inggris pertama dan film Korea Selatan pertama yang memenangkan gambar terbaik di Academy Awards. Hanya ada 11 film berbahasa non-Inggris yang pernah dinominasikan dalam kategori ini.