Jakarta Banjir Lagi, Ini Film Tentang Banjir Sebagian dari Kisah Nyata

Masyarakat Jakarta khususya, rasanya sudah bosan dan muak dengan terdampak banjir. Terhitung sudah lebih dari 3 kali selama tahun 2020 ini mereka terpaksa kebanjiran karena banyak faktor. Diantarnya karena faktor hujan deras yang tak kunjung henti dan sistem perairan tata kota yang tak kunjung membaik. 

Banjir nyatanya membuat lelah warga, dan kebanyakan mereka mengeluh kepada pemerintah dan menganggap tidak tanggap dan gerak cepat dalam megatasi banjir. Banyak dampak negatif yang timbul akibat banjir, seperti misalnya penyakit, lumpuhnya mobilitas masyarakat dan perekonomian, bahkan yang ditakutkan adalah munculnya hewan buas seperti ular atau bisa saja buaya karena sungai atau danau meluap karena banjir.

Nah, pembaca Moreschick, kali ini kami ingin membagikan lima film berkaitan dengan banjir yang bisa menjadi gambaran akan bahayanya banjir. Film-film yang kami berikan ini ada yang diambil dari kisah nyata atau sekedar fiksi saja. Tapi, yang terpenting adalah mengingatkan masyarakat agar lebih tertib dalam mencegah banjir, seperti pembuangan sampah atau pun juga penebangan pohon. Berikut daftar filmnya;:


Hard Rain (1998)
Film bergenre aksi-thriller ini diperankan oleh dua aktor kawakan yakni, Cristian Slater dan Morgan Freeman. Film berdurasi 96 menit ini diproduseri oleh sejumlah nama besar seperti, Allison Lyon Segan, Ian Bryce, Mark Gordon, Gary Levinsohn, dan Cristian Slater.

Cerita dimulai ketika banjir menerpa Huntingberg, Indiana. Meski tidak fokus dengan peristiwa banjir, film ini dilatar belakangi banjir. Di mana Tom (Cristian Slater) dan pamannya, Charlie (Edward Asner), bertugas mengevakuasi sejumlah uang dari bank di kota tersebut.

Di tengah perjalanan, mereka dihadang oleh sekumpulan perampok bersenjata yang diketuai oleh Jim (Morgan Freeman). Dalam kejadian tersebut, Charlie, paman Tom tewas tertembak oleh salah satu anggota perampok. Alhasil, Tom harus berjuang sendiri agar uang yang dibawanya tidak jatuh ke tangan Jim dan kawan-kawan.

De Storm (2009)
Film non-Hollywood ini berseting di Zeeland, Belanda, pada 1953. Saat itu, sebuah badai dahsyat menyebabkan ratusan tanggul pecah dan mengakibatkan banjir bandang di kota tersebut. Film ini bercerita tentang perjalanan Julia menemukan bayinya yang hilang pasca bencana banjir. Seorang janda bernama Julia yang tinggal bersama bayi dan orangtuanya terjebak di tengah kepungan banjir. Beruntung, nyawanya berhasil diselamatkan oleh tetangganya, Aldo. Namun tidak dengan bayinya.

Before the Flood (2016)
Film dokumenter yang membahas tetang perubahan iklim ini merupakan hasil kerjasama antara Fisher Stevens, Leonardo DiCaprio, James Packer, Trevor Davidoski, Brett Ratner, dan sutradara kawakan, Martin Scorsese. Sementara itu, National Geographic Channel berperan sebagai distributor film.

Leonardo DiCaprio selaku pembawa acara dalam film ini mengajak penonton bertemu dengan para pengusaha dunia, aktivis pemanasan global, hingga presiden untuk bertukar pikiran terkait pemansan global yang melanda bumi. Film ini tidak hanya membahas banjir, tapi juga sejumlah bencana alam lain yang bisa saja melanda bumi suatu saat nanti.

The Hurricane Heist (2018)
Film ini diarahkan oleh sutradara Rob Cohen (The Fast and the Furious, xXx) meghadirkan sebuah kisah yang cukup menegangkan dimana sebuah perampokan/pencurian uang berjumlah sangat besar sedang terjadi dalam badai dan banjir yang dasyat.

Film ini dibintangi oleh Maggie Grace (Taken, Twilight) dan Ryan Kwanten (True Blood) serta Ralph Ineson (The Witch, The Huntsman: Winter’s War), Randy Couture (The Expendables), Melissa Bolona (Dog Eat Dog, I Am Wrath ) dan Jamie Andrew Cutler (Kick-Ass 2) serta Toby Kebbell (Ben-Hur,Warcraft). Grace akan bermain sebagai seorang agen federal, Kwaten akan berperan sebagai seorang mantan marinir yang merupakan adik dari tokoh ahli meteorology yang diperankan oleh Kebbell.

Crawl (2019)
Film Crawl menunjukkan betapa sulitnya menyelamatkan diri saat banjir. Apalagi kalau ada ancaman hewan buas seperti buaya. Dirilis pada tahun 2019, film Crawl bisa bikin jantung berdebar-debar selama nonton.

Kisahnya berfokus pada banjir dan badai besar yang menghantam Florida. Sang tokoh utama, Haley (Kaya Scodelario), mengabaikan perintah evakuasi untuk mencari ayahnya yang hilang. Ternyata sang ayah dalam keadaan terluka di ruang bawah rumah mereka.

Keduanya pun terjebak dan berusaha menyelamatkan diri. Keadaan memburuk tatkala muncul buaya yang hendak memangsa mereka. Film yang disutradarai oleh Alexandre Aja ini bakal membuat penonton tegang selama menyaksikannya.