Virus Corona di Wuhan Mengerikan, Ada 5 Film Menggambarkan Kengerian Itu


central-hospital-wuhan from mothership 
Dunia saat ini digemparkan dengan virus mematikan yang berada di sebuah tempat yaitu Wuhan di wilayah Negara China. Hingga artikel ini ditayangkan, banyak media asing dan media dalam negeri yang terus membahas perkembangan virus menular dan mematikan dari Wuhan ini.

Meskipun hingga saat ini belum diketahui pasti dari manakah virus itu berasal, namun banyak dugaan menyebut virus berasal dari pasar basah di Wuhan yang memlihara hewan ternak, kemudian ada juga dugaan dari sup kelelawar yang sudah lama menjadi makanan biasa bagi masyarakat Wuhan, atau penularan dari kelelawar ke ular dan kemudian ke manusia. Mendapati berita-berita mengenai virus ini bak film-film yang pernah popular dengan jalan cerita virus yang menjadi wabah hingga merenggut jutaan nyawa umat manusia.

Bahkan lantaran tema film wabah penyakit ini sangat diminati oleh penonton di belahan dunia manapun, akhirnya Hollywood sebagai rumah produksi film terbesar dunia selalu menayangkan film-film bertema demikian. Film yang mengangkat cerita tentang wabah penyakit dengan penyebaran virus mematikan ini benar-benar bikin ngeri, berikut film-film yang menggambarkan kengerian tersebut:

1. Twelve Monkeys (1995)
Twelve Monkeys salah satu film wajib tonton di tahun 90-an dan dibintangi oleh Bruce Willis dan Brad Pitt. Film ini merupakan salah satu film klasik terbaik yang pernah ada karena kisahnya yang buat penonton mengrenyitkan dahi.

Film ini mengisahkan tentang akibat suatu virus misterius yang tersebar di tahun 1996. Diceritakan 99% manusia di bumi mati dan sisanya harus bertahan hidup di bawah tanah. Kemudian, di masa depan seorang narapidana bernama James Cole (Bruce Willis) dikirim menjadi relawan ke masa lalu untuk menyelidiki virus tersebut.

Alih-alih dapat menyelidiki virus tersebut, James justru salah tahun. Ia justru datang di tahun 1990, dan dijebloskan ke rumah sakit jiwa karena dianggap orang gila yang membicarakan virus yang membinasakan manusia. Film ini merupakan film yang bagus dengan kisah yang rumit. Membuat penonton penasaran sekaligus berpikir keras dengan apa yang terjadi sebenarnya.

2. 28 Days Later (2002)
28 Days Later merupakan film tentang wabah yang cukup terkenal dan bisa dikatakan menjadi film wajib tonton bagi kamu yang menyukai film dengan genre satu ini. Penyakit yang diusung dalam film ini mirip dengan penyebaran virus rabies.

Virus tersebut disebar melalui saliva atau cairan tubuh dari penderita, sehingga si calon korban pun menjadi sangat agresif. Nggak cuman itu, virus ini dapat merubah orang menjadi sangat mengerikan seperti layak nya zombie dalam waktu dua puluh detik saja.

Film tentang wabah ini bermula saat para aktivis pecinta binatang membebaskan para monyet yang menderita infeksi virus “Rage”. Hal itu membuat kota menjadi sangat kacau balau.

Sebulan kemudian, Jim (Cillian Murphy) bangun dari koma dan mendapati kotanya menjadi sangat sepi. Dia pun berusaha untuk lari dan mencari tempat aman sambil mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

3. Right at Your Door (2006)

Berbeda dengan film sebelumnya, Right at Your Door memiliki virus yang disebabkan oleh aksi terorisme. Virus ini dijatuhkan di Los Angeles dengan sedikit informasi tentang bom tersebut.
Film ini mengisahkan tentang seorang musisi yang nggak tetap (Rory Cochrane) menyaksikan beberapa bom jatuh di Los Angeles. Dia pun berusaha untuk membuat perlindungan diri dari penyebaran asap yang memastikan dengan cara mengisolasi rumahnya dengan baik.

Namun, tanpa diketahui, istrinya ternyata terjebak di luar dan nggak bisa masuk karena sang musisi tersebut telah memasang pelindung di seluruh rumahnya.

Film ini sangat bagus dengan mengambil tema dari peristiwa 9/11 yang sampai sekarang masih merasakan trauma dalam hidup mereka. Membuat film ini semakin seru dan terkesan nyata untuk ditonton.

4. Contagion (2011)
Contagion bisa dibilang merupakan film wabah penyakit terbaik karena jalan ceritanya yang rasional dan masuk akal. Nggak seperti film tentang wabah lainnya, Contagion lebih menunjukkan bagaimana sebuah virus dapat mudah tersebar dari satu negara ke negara lain.

Film ini bermula saat Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) kembali ke Minnesota dari Hong Kong dari tugas, dan merasa dirinya mengalami Jet lag parah. Dua hari kemudian Beth Tewas dan dokter memberitahu sang suami (Matt Damon) bahwa nggak ada yang tahu penyebab kematiannya. Nggak lama, kasus yang sama pun tersebar di seluruh dunia.

Film ini lebih fokus pada bagaimana pemerintah menanggulangi keresahan masyarakat dunia dengan mencari cara untuk menemukan penawar dari virus tersebut. Kamu juga akan belajar dari film ini bagaimana virus dapat menyebarkan dengan mudahnya ke seluruh dunia. Menjadikan film ini menjadi salah satu film wabah yang relatable dengan kejadian nyata.

5. Resident Evil (2002-2016)
Resident Evil masih menjadi pemegang rekor sebagai film franchise berdasarkan video game terlaris yang Pernah ada. Film ini memang berdasarkan video game yang populer pada tahun 1996 sebelum diangkat menjadi sebuah film.

Film ini mengangkat kisah Alice, yang Melawan Umbrella Corp., yaitu sebuah perusahaan yang melakukan percobaan pada makhluk hidup dengan meneliti sebuah virus. Virus tersebut pun justru membangkitkan para korban meninggal dan menjadikan mereka seperti zombie.

Film-filmnya memperoleh pendapatan total USD 1,2 Miliar rupiah dengan budget USD 228 juta. Meskipun dari tahun ke tahun Resident Evil jadi sepi peminat, tapi tetap saja film-filmnya merupakan salah satu film tentang penyebaran virus Terbaik.

Itu tadi 5 film wabah penyakit terbaik yang mengisahkan penyebaran virus memastikan. Walaupun film-film di atas memang fiktif alias nggak nyata, kita tetap harus menjaga kebersihan, guys. Karena kita nggak pernah tahu bahwa virus apa saja yang bisa masuk ke dalam tubuh kita.

Source : Berbagai sumber