Travel Review Awards 2020 Versi Booking.com

Dari transportasi hingga akomodasi, dari riad khas Maroko hingga mobil rental dan semua di antaranya, mendapatkan Award dan pengakuan kepada mitra yang memberikan layanan luar biasa dan menyorot Tempat Paling Ramah di Muka Bumi versi Booking.com

Platform yang mempermudah semua orang menjelajahi dunia, Booking.com, memberikan anugerah pemenang Traveller Review Awards 2020, dengan hampir satu juta (986.449) Award yang diberikan di 220 negara dan wilayah. Selain berbagai mitra akomodasi, dalam edisi ke-8 dari penghargaan tahunan ini, Booking.com juga memberi penghargaan terhadap mitra transportasi untuk pertama kalinya. Penghargaan ini mengapresiasi mitra atas hospitality yang luar biasa dengan memberikan traveler pengalaman yang istimewa ketika mereka memesan akomodasi, mobil rental, atau taksi bandara.

Semakin banyak negara dan destinasi paling top yang terus memberikan layanan istimewa dari tahun ke tahun. Pada tahun 2020 negara yang memiliki paling banyak pemenang antara lain Italia (130.253), Spanyol (66.755), Prancis (61.492), Jerman (49.777), Kroasia (42.763),
Amerika Serikat (42.112), Inggris (41.848), Polandia (36.793), Rusia (36.296) dan Yunani
(33.259).

“Dengan hampir satu juta penghargaan yang diberikan kepada penyedia akomodasi dan transportasi, saya dengan senang hati mengumumkan penerima Traveller Review Awards, yang membantu kami memberikan pengalaman perjalanan yang mulus,” ujar Arjan Dijk, SVP dan Chief Marketing Officer untuk Booking.com. “Dalam misi kami untuk mempermudah semua orang menjelajahi dunia, kami bangga memiliki begitu banyak mitra di seluruh industri travel yang menerima ulasan luar biasa secara konsisten, dan mewakili semua yang terbaik dari industri hospitality di seluruh dunia.”

Tempat Paling Ramah di Muka Bumi Tahun 2020
Dari desa di Irlandia yang merupakan gerbang menuju Kepulauan Aran, hingga jaringan ekstensif gua kuno di Asia Tenggara, berbagai Tempat Paling Ramah di Muka Bumi* ini memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pengunjungnya. Kembali menang untuk tahun yang kedua, Goreme (Turki) mempertahankan posisinya sebagai Tempat Paling Ramah di Muka Bumi, diikuti oleh Tatranska Lomnica (Slovakia), Phong Nha (Vietnam), Kobarid (Slovenia), Cochem (Jerman), Doolin (Irlandia), Taitung City (Taiwan), Schenna (Italia), Monte Verde (Brasil), dan Danau Tekapo (Selandia Baru) - juga pemenang 2018.

Apartemen Terus Memuaskan dan Melebihi Ekspektasi Tamu
Pertumbuhan yang spektakuler dari jumlah penerima penghargaan terus terjadi dalam kategori apartemen tahun ini. Tipe akomodasi ini menduduki posisi pertama dan merupakan 40% dari properti di seluruh dunia yang mendapatkan penghargaan pada tahun 2020. Sama halnya, untuk tiga tahun berturut-turut, empat dari lima tipe akomodasi yang mendapatkan penghargaan paling top adalah opsi akomodasi alternatif: Hotel (2.312), Villa (2.212), guest house (2.210), homestay (955), dan holiday park (604) di antara konsumen Indonesia.

Meski hotel kembali menduduki peringkat kedua sebagai tipe akomodasi yang paling banyak mendapatkan penghargaan, tiga perempat (75%) dari semua akomodasi pemenang adalah rumah liburan, apartemen, dan tempat menginap unik lainnya, termasuk rumah perahu, iglo, homestay, dan rumah pedesaan. Riset Booking.com terbaru yang menyurvei lebih dari 22.000 traveler mengungkap bahwa hampir dua perlima (39%) traveler global lebih memilih untuk menginap di rumah liburan atau apartemen dibanding hotel. Karena itulah Booking.com dengan bangga menawarkan begitu banyak tempat menginap unik dengan tingkat hospitality yang luar biasa.

Penyedia Transportasi Menerima Traveller Review Awards
Menciptakan pengalaman akomodasi yang nyaman untuk traveler telah menjadi fokus Booking.com selama bertahun-tahun. Namun, perjalanan bukan hanya soal akomodasi. Bagi mereka yang ingin menjelajahi suatu negara, berjemur di pantai, berkeliling kota, atau hanya ingin pulang, opsi transportasi darat Booking.com membantu untuk mewujudkannya. Oleh karena itu tahun ini, untuk pertama kalinya, Booking.com memberi Traveller Review Awards untuk mitra rental mobil dan taksi bandara demi memastikan traveler bisa mendapatkan pengalaman yang terbaik, apa pun kebutuhan transportasinya.

Tahun ini, penghargaan diberikan kepada 2.931 lokasi pengambilan mobil dari penawaran rental mobil Booking.com, yang mencakup 160 negara dan wilayah. Lokasi pengambilan mobil rental yang paling banyak mendapat penghargaan termasuk Bandara Alghero, Italia (13); Bandara Menorca, Spanyol (12); Bandara Krakow, Polandia (12), Bandara Adelaide, Australia (12); Bandara Christchurch, Selandia Baru (12); Bandara Stuttgart, Jerman (11); Bandara Paphos, Siprus (11), Bandara Cairns, Australia (11), Bandara Budapest, Hongaria (11), dan Bandara Coolangatta Gold Coast, Australia (11).
Taksi bandara, yang tersedia di lebih dari 750 tujuan di seluruh dunia juga diakui untuk layanan mereka yang luar biasa untuk pertama kalinya, dengan 2.114 pengemudi di 27 penyedia yang memenangkan Traveler Review Awards. Saat mendekati tahun 2020, wisatawan dapat melihat taksi bandara ini penyedia untuk membuat mereka terus bergerak di perjalanan berikutnya.

Tempat paling ramah di Indonesia adalah: Ubud, Seminyak, Nusa Lembongan, Sanur, Nusa Penida, Gili Trawangan, Uluwatu, Gili Air, Amed. Kuta Lombok, Nusa Dua, Lvina, Sengigi, Pemuteran, Gili Meno, Candidasa, Munduk, Sidemen, Karimunjawa, dan Tanah Lot.

Beberapa Pilihan Properti Akomodasi Luar Biasa yang Menerima Award 2020 dalam Akomodasi di Indonesia (Top 10) adalah:

1.  KUBU D’UME HOMESTAY (Jatiluwih)
2. Kampuak Cottages (Nusa Penida)
3. Rai Sawah Homestay 77 (Ubud)
4. Al Sasaki (Tetebatu)
5. Sunshine Vintage House (Ubud)
6. Kano Sari Ubud Villas (Ubud)
7. De Adema Guesthouse (Amed)
8. Frangipani Homestay (Nusa Dua)
9. Pondok Lembongan (Nusa Lembongan)
10. Embang Homestay (Sidemen)

Untuk mendapatkan Award, properti akomodasi dan rental mobil harus memiliki rata-rata skor ulasan 8,0 (dari 10) atau lebih tinggi, berdasarkan setidaknya 5 ulasan pada pukul 23.59 (Waktu Eropa Tengah) tanggal 31 Oktober 2019. Untuk mendapatkan Award, taksi bandara harus memiliki rata-rata skor ulasan 4,5 (dari 10) atau lebih dan menyelesaikan 2.000 trip pada pukul
23.59 (Waktu Eropa Tengah) tanggal 31 Oktober 2019. 

Hanya pelanggan yang telah benar- benar menginap atau menyewa mobil yang dapat menulis ulasan pengalaman mereka di Booking.com. Karena tidak pernah diedit atau disesuaikan dengan cara apa pun, ulasan-ulasan ini datang dari akun traveler autentik dan mewakili pengalaman mereka yang sesungguhnya di setiap tempat menginap atau dengan penyedia transportasi darat di Booking.com.

*Destinasi disortir berdasarkan total milik pemenang Traveller Review Awards 2020 ketika dibandingkan dengan jumlah total properti yang memenuhi syarat di kota tersebut (khusus akomodasi). Kota-kota ini juga harus memiliki jumlah pemenang yang di atas rata-rata untuk dapat dimasukkan ke dalam daftar (90 pemenang atau lebih) dan dikurasi demi pembagian geografis.