Tertarik untuk Berwisata Cahaya Kutub? Kenal Lebih Jauh Aurora

Seperti diketahui oleh masyarakat luas, bahwa artis multi talenta Raffi Ahmad dan Nagita Slavina  sedang menikmati liburan panjang mereka untuk berwisata keliling dunia. Mereka pun berbagi keindahan alam di setiap negara yang berhasil mereka kunjungi melalui saluran Youtube Rans Entertainment, sehingga warganet menyebutnya juga sebagai wisata online.

Baru baru ini, Raffi dan Gigi (Panggilan akrab Nagita) beserta tim Rans mengunjungi negara Islandia untuk berburu aurora. Mereka diketahui berhasil melihat keindahan aurora berwarna hijau yang menari-nari di atas langit malam Islandia dan berbagi keindahan aurora diakun Instagram mereka @raffinagita1717, setelah menunggu hingga 3 jam lebih untuk dapat melihat fenomena alam tersebut. Nah, sebenarnya apa sih auorora tersebut?

Menurut Wikipedia, aurora (cahaya kutub) adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya). Sebagai salah satu fenomena alam yang spektakuler, aurora diketahui hanya terlihat di negara-negara yang letaknya dekat kutub utara (Aurora Borealis) dan kutub selatan (Aurora Australis).

Tempat-tempat terbaik

Beberapa tempat terbaik untuk meihat aurora selain di Islandia yaitu di Norwegia (Svalbard) Kanada bagian utara, Finlandia (Kalslauttanen), Swedia (Jukkasjarvi), dan Alaska. Ternyata, Alaska yang terletak di belahan Amerika Utara menjadi negara yang paling menarik untuk menikmati keindahan aurora. Tepatnya, untuk melihat fenomena alam tersebut di Alaska yakni terletak di 32 km dari Fairbanks berupa pegunungan Alaska yang menakjubkan nan indah untuk bisa menikmati keindahan aurora ini. Selain itu, diketahui juga bahwa untuk bisa melihat aurora, ada syarat yang harus diperhatikan yaitu suhu harus rendah dan cuaca harus cerah.

Dilansir dari laman yuktravel dan infoastronomy aurora yang menari-nari dengan indah dilangit  akan menampilkan banyak warna, seperti hijau muda dan pink, merah, kuning, hijau dan biru. Misalnya, untul aurora yang sering ditemui yakni berwarna hijau kekuningan. Warna tersebut terbentuk akibat bagian partikel yang membawa energy berbenturan dengan molekul oksigen. Sedangkan, untuk auorora berwarna ungu merahan, terjadi ketika molekul Nitrogen mendapat benturan partikel.Cahaya dari Aurora menampakkan bentuk berbagai macam seperti: wajah cantik seorang perempuan, wajah menakutkan seperti monster, bentuk pita, busur panah, dan lain-lain.

Selain keindahan aurora yang fenomenal, tersisip juga cerita legenda dibalik cahaya kutub ini. Beberapa legenda atau mitos di Romawi, menyebut aurora sebagai dewi fajar yang diyakini sebagai pertanda akan terjadi peperangan dan bahaya kelaparan. Sebaliknya, mitos di Jepang dan Cina, cahaya yang terpencar dari aurora dipercaya bisa memberikan efek kesuburan dan lancarnya proses kelahiran. Selain itu, orang Jepang dan Cina juga meyakini bahwa bayi yang sedang dikandung di bawah cahaya aurora kelak akan beruntung dalam masa hidupnya.

Nah, apakah Anda ingin mencoba keberuntungan Anda tahun ini untuk berwisata ke negara-negara di wilayah kutub utara maupun selatan untuk bertemu aurora si cahaya kutub ini? Tentunya siapkan juga budget Anda untuk liburan yang menakjubkan tahun ini.