Kian Nikmat Santap Salmon di Yonne Cafe Resto SenS Hotel Ubud Bali



Menikmati santap sore di sebuah hotel mewah di Ubud, Bali tepatnya di Yonne Café Restaurant di SenS Hotel & Resort itu rasanya sungguh tiada tara. Suguhan ikan salmon sebagai menu utama yang juga sedang populer di Ubud beberapa waktu belakangan ini dibuat dengan sangat lihai oleh Chef I Ketut Gede Darmawan.

Kenikmatan hidangan ikan salmon ini bernama “Baked Norwegian Salmon With Mashed Potatoes, Sautéed Asparagus And Mousseline Sauce” yang disajikan sebagai menu utama. Kemudian dipadu padankan dengan soup, yakni “Pumpkin Cream Soup”.

Sungguh nikmat hidangan ini. Bayangkan, saat lidah dan gigi mengenyam ikan salmon ini, sangat jelas sekali terasa tekstur ikan salmon yang begitu lembut, belum lagi bumbu yang meresap di dalam ikan. Betul-betul terbuat dengan sempurna, kenikmatannya pun akhirnya menjawab pertanyaan bahwa mengapa makanan ini begitu favorit, dan hasilnya tak jarang mereka yang pernah mencobanya ingin menyantapnya lagi.

Pada kesempatan itu, tepatnya pada Rabu 11 Desember 2019, Chef Darmawan bersedia menceritakan bagaimana Salmon With Mashed Potatoes ini dibuat. Bahkan ia menyampaikan tidak hanya Salmon tapi ada pilihan lain yakni Beef Wllington, yang nantinya tamu bisa memilih dari dua menu utama tersebut.  

Paparan Chef
Chef Darmawan menjelaskan sebab menu salmon ini sebagai pilihan utama dari Yonne Café Restaurant di SenS Hotel & Resort. Ternyata, salmon dengan proses pembuatan oven racikan chef ini sangat jarang ditemui di berbagai restaurant. Umumnya yang banyak ditemui adalah grill atau minyak yang rasanya pun akan berbeda dari salmon racikan Chef Darmawan.

Rasa dari salmon ini tentu special, salah satu campurannya seperti disampaikan chef adalah union garlic, sasote sama butter dan taburi sedikit sesame seed atau biji wijen. Alhasil, rasanya pun ada crunchy sedikit. “Salmon ini tidak ‘oily’ atau tidak digoreng, melainkan di oven, artinya juice-nya tetap ada di dalam salmon itu sendiri,” sebut Chef Darmawan.

Bila anda perhatikan dari foto Salmon, di bawah ikan terdapat tofu yang sengaja dikombinasikan oleh chef sebagai  racikan campuran antara Eropa dan Asia. Ditambah lagi brown sauce dan mushroom di atas ikan salmon. Kemudian terdapat nasi kuning yang merupakan identik dengan makanan Asia.

“Nasi di sini sebagai peneman saja, makanya porsi nasi lebih kecil dari pada salmon. Selain salmon ini, alternatifnya nanti ada beef-nya yang saya buat secara American style. Soupnya internasional. Jadi walaupun salmon dan beef, soupnya tetap sama.”

Proses pembuatan
Pembuatan salmon nan lezat itu hanya memakan waktu selama kurang lebih 15 menit. Chef menjelaskan waktu terlama dalam pembuatan adalah untuk oven salmon yakni selama 11 menit. “Saya memerlukan bake atau oven salmonya saja 11 menit, kemudian untuk yang lainnya bisa cepat dan total waktu pembuatan paling lama ya hanya 15 menit. Kemudian untuk soupnya kita buat per container dan selanjutnya dituang perporsi.”
Untuk diketahui bersama oleh para penikmat kuliner, beberapa makanan yang sedang trend di Ubud selain salmon itu sendiri adalah Bebek Betutu, yang termasuk Balinese Food. Bebek Betutu juga menjadi pilihan utama di Yonne Café Restaurant.

Mengingat Ubud dan Bali merupakan destinasi wisata internasional, Yonne Café Restaurant menyediakan pilihan menu Asia, Eropa, Meksiko dan Indonesia. Nah, khusus untuk Indonesia ada sajian unik yang disebut Balinese ‘megibung’, yang merupakan konsep makan bersama ala Bali Timur, Karangasem.

“Jadi itu sudah secara tradisional kita sajikan dan itu laku banget, tamu selalu ingin coba terus, penasaran apa itu makanan Bali dan konsep makanan Bali. Megibung mungkin bahasa luarnya adalah makan bersama,” papar  I Wayan Agus Juniarta, selaku Manager Food & Beverages SenS Hotel.

Sajian Minum
Yonne Café Restaurant pun menawarkan sajian minum yang healthy, yakni SenS Detoxifier Smoothie. Manager F&B yang akrab disapa Yoga menyampaikan komposisi dari minuman healthy ini, yang isinya dari avocado dan daun mint, di mix pakai juicer dan bukan blender, sehingga hanya ekstraknya saja.

“Pure kita ekstrak sayuran dan buah dan kita namakan healthy drink. Kita koombinasikan dengan makanan yang juga healthy, sehingga makanan healthy dan minuman juga healthy,” sebut Yoga.

Tidak terlepas dari makanan dan minuman yang healthy, Yonne Café Restaurant di SenS Hotel juga memberikan alternative lain, yakni kocktail dan moctail, diantaranya bir ada wine. “Tapi kalau dari tamu minta alcohol dan bersoda, maka kita sajikan. Sebaliknya jika tamu minta yang 'healthy drink', maka kita pun berikan yang smooth dan healthy drink vegetarian.”  

Pilihan healthy yang ditawarkan pihak restaurant SenS ini karena memang sedang tren bahwa sekarang Ubud destinasi akan trennya kini beralih ke yoga. “Banyak tamu datang ke ubud dengan gaya hidup vegetarian selama mereka yoga, dan mereka yang stay di sini banyak yang melakukan yoga maka kita beri option healthy food.”

Dessert
Tidak lupa Yonne Café Restaurant di SenS Hotel menyediakan dessert kian lezatnya. Setelah menyantap salmon terasa gurih, renyah, dan tekstur daging yang lembut, kini tiba menyantap dessert Lemongrass Apple Strudel, yang isinya berupa; lemongrass infused cinnamon raisin apple strudel on caramel cardam sauce and lime sorbet.

Kue apel ditemani lime sorbet -ice yang ditabur cinnamon serta caramel yang ternyata memiliki rasa yang sangat menggugah di lidah. Dengan demikian, para pencari destinasi wisata dan kuliner, sepertinya harus menyambangi Yonne Café Restaurant di SenS Hotel ini dan dijamin puas.


Choir dari yayasan permata hati ubud
Bersamaan dengan menjelang Natal pada 25 Desember ini, SenS Hotel akan menggelar malam Natal pada tanggal 24 dan dimeriahkan oleh Choir dari yayasan anak yatim piatu Permata Hati di Ubud. Hal ini merupakan kegiatan rutin dari SenS Hotel pada saat natal.

“Kita sudah bekerja sama selama 5 tahun dengan mereka, dan kita juga berikan kesempatan mereka untuk tampil di depan panggung,” sebut Yoga.

Kemudian, pada saat perayaan malam Natal tanggal 24 malam, Yoga menyampaikan pihak hotel akan membuat set menu untuk tamu, diantaranya, soup, sorbe, salmon dan beef dan juga ada yang vegetarian. “Kita pilih beberapa option, salah satunya healthy food. Para tamu bisa merayakan malam Natal sambil menikmati acara persembahan dari choir Yayasan Permata Hati.

Untuk diketahui, harga yang ditawarrkan pada acara malam Natal itu mulai dari Rp250 ribu++ untuk dewasa dan untuk anak Rp150 ribu++ dan pihak hotel sudah menerima reservasinya dari sekarang. Mari rayakan malam Natal bersama Choir Yayasan Permata Hati di SenS Hotel Ubud.