Film Habibie & Ainun 3 Wujud Dedikasi dan Menyentuh Hati


Masa muda mendiang Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie difilmkan hingga sebanyak 3 kali. Rupanya ini adalah bentuk dedikasi Manoj Punjabi secara sebagai Produser MD Pictures kepada Bapak Reformasi terebut. 

Pernah sebelum BJ Habibie berpulang meninggalkan dunia ini, Manoj menggelar sebuah pesta ulang tahun dan dihadiri sosok seorang hebat anak bangsa itu. Meski diketahui perayaan ulang tahun diadakan sebagai langkah promosi, tetapi BJ Habibie datang sebagai dukungan penuh terhadap biografinya yang dikaryakan dalam film.

Cerita Manoj kepada jurrnalis hiburan dalam konferensi pers film Habibie & Ainun 3 cukup menyentuh hati para awak media, sebab Manoj menjanjikan akan memutar film lebih cepat dari yang dijadwalkan sebelumnya yakni pada 7 Desember bersamaan dengan hari ulang tahunnya, dari sebelumnya tanggal 19 Desember. “He said ‘very good idea’," cerita Manoj kepada wartawan, seperti yang Habibie ucapkan.

Menyentuh hati 
Banyak pihak dari masyarakat dan dunia perfilman sadar bahwa film ini dibuat hingga 3 kali karena perjalanan hidup Habibie benar-benar membawa harum nama bangsa dan membekas di hati masyarakat Indonesia. Bahkan Hanung Bramantyo terpilih sebagai Sang sutradara dari film ini dan dipercaya bisa membuat para pecinta film Indonesia sadar akan dedikasi BJ Habibie yang begitu besar terhadap Indonesia.

Perbedaan dari film sebelumnya, film Habibie & Ainun 3 menekankan ceritanya mengenai perjalanan cinta dan pergolakan khas anak remaja kala itu. Sedikit gambaran, film itu diawali dengan adegan Ainun yang mengenakan kemeja putih dengan rambut terkuncir, dan menyatakan mengikat janji kepada Habibie.

Kata-kata Ainun yang dianggap romantis dan menyentuh hati dalam adegan kala ia menggenggam dan menatap mata Habibie seraya berkata “Suatu hari, kita akan bertemu kembali dalam dimensi yang lain.” "Aku merindukanmu," balas Habibie.

Hal lain yang dikedepankan di film itu yakni daya juang Ainun untuk menjadi seorang dokter namun ditentang oleh orang-orang sekitarnya. Ainun dianggap tidak mampu dan lebih baik hanya menjadi seorang wanita biasa saja tanpa profesi apapun.

Tetapi,dalam film itu mengisahkan Ainun yang bersikukuh berkemauan keras mewujudkan keinginannya, terutama setelah ayahnya akhirnya member dukungan. Ayah Ainun diperankan oleh Lukman Sardi.
Casting
Pada cuplikan trailer memperlihatkan aktor Jefri Nichol sebagai sosok pria yang sempat berkencan, bahkan sempat melamar Ainun sewaktu mereka masih berama berada di lingkungan kampus. Kemudian, actor utama BJ Habibie, kembali diperankan aktor Reza Rahadian, yang 'disulap' menjadi jauh lebih muda. Sementara sosok Ainun diperankan oleh Maudy Ayunda.
Selain Reza Rahadian, Jefri Nichol dan Maudy Ayunda, film Habibie Ainun 3 turut menampilkan sederet bintang seperti Marcella Zalianty, Rebecca Klopper, Angga Yunanda, Mike Lucock, Agniny Haque, Teuku Ryzki dan Eric Febrian.