Breaking

Monday, 12 August 2019

Road to Bali Reggae Star Festival 2019: Konser Pancasila


Kita hidup dalam keberagaman, banyak cara yang diciptakan manusia untuk mempersatukan keberagaman tersebut, salah satunya melalui Musik dan  Reggae sebagai jalan yang dipilih untuk menjadi jembatan dalam proses keberagaman yang terus berkembang. 

Musik reggae walaupun kental dengan tradisi Jamaica, dalam perkembangannya tidaklah berdiri sendiri, warna dalam reggae merupakan hasil suatu proses elaborasi dari berbagai elemen kebudayaan khususnya musik yang menyajikan suatu harmoni khas KEBERSAMAAN (Togetherness).

Tidak terbatas pada genre musik, Reggae menjelma menjadi perspektif nilai dalam memandang hidup dengan cara yang lebih santai, sederhana dan bersahabat.

"Berlandaskan semangat itu maka kami telah mangadakan Bali Reggae Star Festival 2015, 2016, 2017, 2018 dan dengan semangat yang samakami akan merayakan kebersamaan dan persaudaraan yang merupakan ciri khas Indonesia itu di Bali Reggae Star 2019 yang merupakan SERI KE 5 dari event yang sama. Mengusung tema “KONSER PANCASILA',"
Tema ini  diusung karena kecintaan kita terhadap lingkungan yang tentunya harus seiring sejalan dengan semangat mencintai NKRI. Konser pancasila adalah wujud nyata kepedulian komunitas reggae  untuk secara bersama dan luas menyebarkan nilai-nilai ke pancasilaan secara nyata dan terukur, dimana target dalam konser ini adalah masyarakat penikmat musik lintas generasi dan beragam latar belakang.

Konser Pancasila adalah usaha bersama yang didorong dan diwujudkan  oleh lintas generasi untuk mengeluarkan Pancasila dari kotak sempit yang hanya melahirkan status dan slogan tapi jauh dari kenyataan, nilai nilai pancasila harus diwujudkan dalam kehidupan nyata, dalam kehidupan sehari hari.

Konser ini adalah INTERNATIONAL REGGAE MUSIC EVENT karena selain akan diisi oleh sederet artis papan atas reggae Bali dan Indonesia, juga akan diisi oleh artis dari luar negeri. BRSF dari tahun ke tahun tetap berdiri sebagai sebuah CHARITY EVENT yang dikemas dalam bentuk konser musik reggae.
"Dimana dalam event ini kami mengedepankan isu lingkungan dalam penyampaian pesan kepada semua pihak yang ikut terlibat. Event ini juga akan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dimana akan kami wujudkan dengan membuat tong sampah yang akan diletakkan di pantai-pantai dan daerah-daerah di Bali yang diambil dari sebagian keuntungan dan juga CSR dari perusahaan yang mendukung acara ini," kata Ketua Panitia Bali Reggae Star Festival Agung Ngurah

Sebelum memasuki event utama yang akan dilaksanankan pada 7-8 September 2019, pre event yang bertajuk “Road to BALI REGGAE STAR FESTIVAL 2019” yang telah dilaksanakan tanggal 11 Agustus 2019 bertempat di Pantai Segara, Sanur, Bali. Adapun rangkaian kegiatan "Road to BALI REGGAE STAR FESTIVAL 2019” adalah: Press conference BRSF 201, Beach cleanup yang akan melibatkan masyarakat, Pelepasan tukik,  Festival music, lomba mewarnai anak,talk show mengenai lingkungan dan wawasan kebangsaan  (pancasila), festival food,festival komunitas,DJ, live band

Main eventnya akan dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 September 2019 bertempat di pantai mertasari sanur. Untuk big event biasanya dihadiri ribuan orang dan merupakan konser musik bertaraf internasional. Selain musik juga akan ada community booth, F&B booth dan juga banyak aktifitas lainnya.
Sementara itu, Lurah Sanur, Ida Bagus Raka Jisnu pun mengaku kegiatan positif ini harus bisa terus dilakukan. Menurutnya, penanaman ideologi Pancasila, menjaga kebersihan lingkungan, hingga menjaga alam adalah tugas bersama.

"Ini menjadi perwujudan NKRI, Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika, yang semua elemen bersatu menjaga lingkungan alam Bali," katanya.

Road to Bali Reggae Star Festival 2019 yang berlangsung Minggu (11/8/2019) ini dimeriahkan berbagai musisi diantaranya Merapu, The Smallaxe, Malibu Stone, Soullast, Do Remifasolasido, Vermillion, Selector: CBEE 57TM, dan Pon Da Mix: Jonskee.

Selain penampilan artis, Bali Reggae Star Festival 2019 akan turut dimeriahkan berbagai aksi nyata yakni Beach Clean Up, Pelepasan Tukik, Festival Musik, Lomba Menggambar, Talkshow, Food Festival, Festival Komunitas Satwa, Live DJ dan Live Band. 

No comments:

Post a Comment