Breaking

Wednesday, 14 August 2019

5 Kegiatan Musim Dingin di New Zealand yang Terindah Menurut Warga Lokal

Tinggal di negara tropis yang hanya memiliki dua musim membuat orang Indonesia sering membayangkan senangnya membuat boneka salju di tengah gunung bersalju atau menyeruput secangkir cokelat panas di tengah cuaca dingin. 

Apalagi dengan cuaca di Indonesia yang semakin panas beberapa hari belakangan ini, rasanya pergi wisata ke tempat yang bermusim dingin bisa jadi pelarian untuk bersantai sejenak sambil menikmati beberapa aktivitas musim dingin yang menyenangkan. Saat banyak negara sedang mengalami musim panas selama bulan Juni hingga Agustus, New Zealand justru mengalami musim dingin.

Perbedaan ini terjadi karena letak New Zealand yang berada di belahan bumi bagian selatan. Menurut Kiwi, sebutan bagi orang-orang New Zealand, musim dingin adalah waktu terbaik untuk mengunjungi negara mereka karena saat ini adalah low season.

Pada musim ini, jalanan di New Zealand tidak begitu ramai sehingga membuat perjalanan roadtrip Anda akan jadi lebih menyenangkan. Selain itu, harga akomodasi menjadi lebih terjangkau di musim dingin sehingga Anda bisa berlibur lebih lama. Agar Anda dapat memaksimalkan waktu liburan selama musim dingin di New Zealand, berikut ini adalah lima aktivitas musim dingin yang disarankan warga lokal dan sudah dirangkum oleh Tourism New Zealand.

1. Ikut Serta dalam Festival Musim Dingin 
Kalau Anda sedang berkunjung ke New Zealand pada bulan Agustus, jangan sampai kelewatan salah satu festival musim dingin yang paling menyenangkan di Tanaraki, yaitu Winter Fest. Tanaraki merupakan wilayah di sisi barat Pulau Utara yang terkenal dengan seninya. Berbeda dengan festival mainstream lainnya, Winter Fest merupakan salah satu dari empat acara yang ada di Taranaki Art Festival. Acara ini menyorot atmosfer musim dingin melalui perpaduan ide, sastra, musik, teater, dan program literatur. Rangkaian kegiatan ini bisa menjadi cara baru untuk merasakan, menikmati, serta memperkaya pengetahuan Anda melalui hiburan dan seni.

Anda juga bisa bertolak ke pesta musim dingin terbesar di New Zealand, Queenstown Winter festival. Festival ini dibuka dengan pertunjukan kembang api yang luar biasa di atas Danau Wakatipu. Kemudian, selama 10 hari ke depan, akan ada parade jalanan, live music, malam komedi, outdoor ice rink, dog derby – perlombaan menyusuri gunung bersalju bagi anjing dan pemiliknya, pertunjukan ski serta snowboarding, dan lain-lain.

2. Melihat Ikan Paus dari Dekat
Dalam mitos dan legenda Māori, Ikan Paus dikenal sebagai raksasa laut dengan begitu banyak karakter yang membuat mereka bertingkah mirip manusia. Musim dingin jadi waktu yang tepat untuk menyaksikan kawanan Ikan Paus muncul ke permukaan karena pada saat inilah mereka  bermigrasi. Berbagai jenis Ikan Paus seperti humpback whales, pilot whales, blue whales, and southern right whales melakukan perjalanan melalui Kaikōura dalam migrasi tahunannya. Sebetulnya, Anda dapat melihat Ikan Paus sepanjang tahun, tetapi musim dingin akan memberikan pengalaman spesial berkat indahnya pemandangan pegunungan Kaikōura yang tertutup salju dan langit biru musim dingin yang cerah.

3. Menjelajahi Gletser yang Menakjubkan
Salah satu hal yang harus Anda lakukan saat bepergian ke New Zealand di musim dingin adalah mengunjungi salah satu gletser yang tersohor. Anda bisa pergi ke Fox Glacier dan Franz Josef, gletser terbesar di pantai barat Pulau Selatan. Pemandangan indah ini memang dapat disaksikan sepanjang tahun, namun saat musim dingin seluruh gletser sedang berada pada ukuran terbesarnya.

Selain itu, cuaca dingin memberikan kondisi pendakian yang sempurna karena lebih banyak hari-hari berlangit biru cerah dibandingkan selama musim panas. Pastikan Anda membawa kamera yang bagus untuk mengabadikan pengalaman selama mendaki gletser karena akan ada banyak foto menakjubkan untuk diunggah ke Instagram.  Anda dapat menjangkau lokasi gletser ini dengan naik perahu atau terbang dengan glacier helikopter, salah satu cara luar biasa untuk menikmati gletser menakjubkan ini.

4. Menatap Aurora di Langit Malam
Mulai dari fotografer, petualang, hingga pasangan kekasih, semuanya akan terpana dengan eloknya Aurora Australis yang terlihat seperti lembaran hijau, kuning, ungu, dan biru yang seolah menari-nari melintasi langit. Dikenal juga sebagai Lampu Selatan (Southern Lights), Aurora Australis sering muncul terutama di bagian selatan Pulau Selatan. Agar kesempatan Anda untuk melihat fenomena alam ini semakin besar, pergilah saat malam dingin dan langit cerah di saat musim dingin. Anda juga bisa memesan tur untuk menyaksikan Aurora di Southern Skies Stargazing yang akan membawa Anda dalam perjalanan untuk mempelajari Southern sky yang memukau sambil berbagi kisah-kisah dari Waiata (lagu-lagu) tentang bagaimana orang-orang Māori melihat langit malam.

5. Menaiki kereta TranzAlpine
Perjalanan TranzAlpine dari Christchurch ke Greymouth atau pun sebaliknya sangat direkomendasikan sebagai bagian dari rencana perjalanan Anda selama musim dingin. Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menikmati New Zealand selama musim dingin secara menyeluruh, karena transportasi antar kota ini memberikan pemandangan menakjubkan di sepanjang belahan bumi bagian selatan. Anda hanya perlu duduk tenang di kursi yang hangat dan nyaman sembari dimanjakan dengan pemandangan cantik pegunungan, hutan, dan danau di sepanjang jalan. Meskipun Anda bisa menikmati perjalanan TranzAlpine sepanjang tahun, tetapi musim dingin merupakan waktu yang tepat karena melihat pemandangan salju yang indah selama perjalanan benar-benar menenangkan jiwa.

No comments:

Post a Comment