Breaking

Thursday, 4 July 2019

Bali Berdayakan Wisata Kreativitas Manusia, Pemprov Mendukung Penuh API 2019

Bali menjadi salah satu provinsi yang mengemban 5 nominasi terkait wisata dan kuliner untuk penghargaaan Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2019. Tak perlu tanya kenapa, sebab sejak dahulu Bali sudah terkenal destinasi wisatanya.

Bisa dikatakan kekuatan perekonomian Bali ditopang besar oleh sektor pariwisata, dan masyarakatnya telah lama menyadari untuk bersama menjaga kebudayaan, kelestarian alam dan banyak hal lainnya yang mendukung kemajuan wisata Bali.

Terlebih lagi, pemerintah provinsi Bali menekankan kemajuan dengan undang-undang pariwisata dan mendukung visi misi gubernur yaitu menguatkan alam Bali, demi daya tarik wisata alam dan budaya.

Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Ida Bagus Adi Laksana, SE.,M.Si menyebut langkah dan dukungan pemerintah provinsi sudah dilakukan dengan menyerukan seringkali masyarakat membuat karya-karya kreatif . “Saat ini sudah banyak sekali wisata kreativitas buatan manusia yang kita bisa berdayakan,” katanya kepada Moreschick.

Hal kedua yang perlu diingat adalah bagaimana menguatkan sumber daya manusianya atau manusia Balinya.  Ida Bagus menyatakan, masyarakat Bali bisa menciptakan motivasi karena di Bali itu sumber daya terbesar dari pariwisata. “Harus kita kembangkan melalui pemberdayaan masyarakat juga.”  

Penghargaan API 2019 
Tidak terlepas dari menjaga kelestarian lingkungan hidup, menjaga alam dan manusia Bali untuk lingkungan hidup masuk dalam pembangunan semesta berencana. hal itu masih terkait dengan penghargaan dari Kementerian Pariwisata, mengunggulkan wisata alam di Anugerah Pesona Indonesia 2019 dan Bali memiliki 5 nominasi.

Salah satu destinasi unggulan Trekking Kastala - Kab. Karangasem, masuk dalam nominasi olahraga dan petualangan dengan kode pilihan; API 7I.  Destinasi ini adalah sebuah desa wisata.

“Kita di Bali sudah punya 160 desa wisata, tetapi sejauh ini masih dalam proses dan masih dalam kategori kecil, tetapi yang maju hanya 10%. Yang berkembang yaitu 60 persen dalam tumbuh 20%."

Kepala Bidang itu melanjutkan, API bisa memajukan masyarakat daerah melalui dorongan promosi menjadikan yang tadinya tidak dikenal dan sekarang akhirnya mau dikenal. Inilah puncak perhatian pemerintah bermisi membuat Bali bertaraf internasional.

“Kami sangat mendukung sekali dan konsen sekali terhadap program yang juga dibuat oleh Kementerian Pariwisata ini,” ucapnya.  

Tidak hanya satu penghargaan, Bali data mengemuka Bali kerap menerima penghargaan keistimewaan pariwisatanya. Terkait penghargaan API, ternyata sangat menjanjikan, karena Bali sering mendapatkan penghargaan destinasi terbaik. “Membuat orang lebih mencintai dan menginformasikan Bali.”

No comments:

Post a Comment