Breaking

Monday, 27 May 2019

Istimewanya Pantai Berawa Menjelang Matahari Terbenam, Disaksikan "Gurita" Raksasa



Hamparan pasirnya begitu luas dan pantai ini populer di telinga penikmat wisata juga para pecinta surfing. Pantai Berawa Canggu Bali, identik dengan gulungan ombak tinggi yang jadi daya tarik wisatawan. Terlebih lagi, pada akhir Mei ini ada festival seni pantai Berawa dengan karyanya terhebat sebuah “Gurita” raksasa.

Banyaknya pantai indah di Bali seakan tidak pernah habis bagi wisatawan untuk mendatanginya satu-persatu. Hingga pada penghujung bulan Mei ini, 3 aktor film ternama dunia Avengers ‘End Game’ secara mengejutkan telah sampai di Bali untuk berlibur.

Tentu, cerita mengenai aktor Avenger itu hanya sekilas saja dalam ulasan kali ini, pembaca sekalian. Bahwa yang akan moreschick ceritakan adalah keindahan pantai Berawa ini dan festival seni yang membawa banyak pesan di kehidupan manusia.

Suasana pantai Brawa
suasana pantai Berawa saat matahari terbenam
Bisa dibilang suasana pantai Berawa tidak terlalu ramai jika dibandingkan dengan pantai ternama di Bali salah satunya pantai Kuta. Selain, rumor menyerebak bila wisatawan mancanegara belakangan lebih menyukai destinasi pantai yang masih tergolong sepi karena mereka menganggap minim akan perilaku jahat, seperti pencurian.

Meskipun demikian, satu hal yang umum dari pantai Berawa adalah pemandangan matahari terbenam. Ketika wisatawan berada di pantai ini saat matahari terbenam, suasana tenang dan hangatnya pancaran matahari juga suara desiran ombak sangat asyik disaksikan bersama dengan teman, sahabat ataupun kekasih.

Pantai Berawa sekiranya memberikan sedikit privasi jika dibandingkan dengan pantai lain yang ada di wilayah Canggu, seperti Legian ataupun Petitenget. Suasana yang sepi itu juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat ataupun para turis untuk berjalan-jalan dengan anjing kesayangannya.

Lokasi pantai Berawa Bali

Pantai Berawa ini terletak di Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara Badung, Bali. Lokasinya bersebelahan dengan beberapa pantai lain, di antaranya adalah Pantai Canggu, Pantai Batu Bolong serta Pantai Petitenget.

Pantai Berawa Canggu Bali ini pun bisa dijangkau dari pusat Kota Denpasar dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat dan waktu perjalanan kurang lebih 20 menit. peta

BBAF

Berawa Beach Arts Fetival (BBAF) yang ke 2 digelar tahun ini mulai 23-26 Mei 2019. Selama 4 hari itu festival BBAF digelar dengan berbagai aktivitas menarik. Namun, karya seni yang tampak hebat adalah sebuah "Gurita" berukuran raksasa. Ukuran rekayasa gurita raksasa dibuat dari anyaman bambu dan sangat menarik perhatian bagi para pengunjung yang datang ke Pantai Berawa.

Bagi anda yang ingin tahu bagaimana rekayasa gurita ini dibuat, moreschick telah mencari tahu dari berbagai sumber. Dan ternyata, seorang seniman patung asal Banjar Tandeg, bernama I Ketut Putrayasa yang menjadi desainer ‘gurita’ raksasa ini.

Dari keterangan yang moreschick dapatkan, instalasi gurita raksasa dengan bahan bambu dan rangka besi ini memiliki berat hingga 5 ton yang sengaja dibuat untuk BBAF yang ke 2 dengan tema "Pasisi Lango”: "Deep Blue Spirit".

“Ini dibuat sebagai bentuk kritik sosial terkait kondisi laut saat ini yang penuh polusi terutama sampah plastik,” disampaikan Ketua Panitia BBAF 2019, Made Dwijantara.

Apabila kita semua menyadari, kondisi laut saat ini memang penuh sampah termasuk sampah plastik dan mereka membuat karya gurita raksasa ini sebagai simbol pengingat bagi kita semua. Bahwa seakan salah satu binatang cerdas di laut yakni gurita merasa marah dan keluar dari laut dengan memprotes akan sikap semena-mena manusia  terhadap membuang sampah plastik di laut.

“Pesan yang ingin kita sampaikan, mari kita bersama menjaga pantai kita, menjaga laut kita agar tetap lestari kedepannya," seperti diungkapkan ketua panitia BBAF itu.


*Bersamaan dengan artikel ini, moreschick juga ingin menyampaikan kepada pembaca sekalian, apabila anda ingin berwisata di Bali dan membutuhkan agen wisata, maka bisa menghubungi kami dan cek nomor kami di contact. 

No comments:

Post a Comment