Breaking

Thursday, 1 November 2018

Surga Tersembunyi di Canyon Beji Guwang Bali



HAMPIR SEMUA PECINTA TRAVELING RASANYA TAK PELAK ANGKAT JEMPOL BUAT LOKASI-LOKASI WISATA DI BALI. INDONESIA DALAM SEJARAHNYA MENCATATKAN PULAU DEWATA ITU SEBAGAI WARISAN BUDAYA TAK BENDA DARI 
PERADABAN BANGSA KITA.

Perlukah kita tahu destinasi mana saja di Bali yang benar-benar menggugah selera dan perasaan saat kita sampai di sana? Rasa-rasanya perlu.

Blog Lejong2kuy dalam tulisan ini merupakan pertama kali membahas mengenai wisata di Bali, tentunya lejong juga ingin membuat pembaca sebaiknya merasakan manfaat.  Baiklah, mari kita “datangi” Hidden Canyon Beji Guwang, yang tepatnya berada di Sukawati, Ngarai, Bali.

Meski mungkin awalnya terdengar kurang melegakan bagi keluarga penyuka wisata alam bermain air. Menurut sebagian dari mereka yang sudah menapaki kaki di Hidden Canyon Guwang ini rupanya banyak yang tidak merekomendasikan perjalanan dilakukan oleh orang tua bersama anak-anaknnya, khususnya anak masih dibawah umur. Karena untuk sampai di “surga tersembunyi” yang satu ini, perjalanannya sangat berat dan terjal, sehingga membutuhkan tenaga fisik yang kuat.

Pemandangan Hidden Canyon Beji Guwang nan spektakuler 

Sebuah tempat menakjubkan mata kita ini bagai tak bisa dilukiskan dengan kata-kata, proses alam membentuknya begitu indah, air berwarna hijau kebiruan ini terasa benar-benar menggugah  mood dan perasaan.

Warga setempat menyebut hidden canyon ini dengan kata ngarai tersembunyi di Beji Guwang. Sebelumnya penduduk setempat sering memancing di canyon atau ngarai alias lebih awam dikatakan jurang, tebing.

Air mancur di sini sudah lama dimanfaatkan warga setempat untuk kebutuhan sehari-hari, selain mutlak terdapat Pura Beji di sekitaran tempat wisata.

Masyarakat Bali memercayai air di sini suci dan sering digunakan untuk kegiatan upacara keagamaan pura-pura di sekitarnya. Tak heran mengapa lokasi Hidden Canyon Beji Guwang sangat disakralkan dan tidak boleh sembarangan ketika memasukinya.

Sejarah berdirinya wisata Hidden Canyon Beji Guwang


Popularitas ngarai Beji Guwang ini muncul sebagai destinasi wisata populer setelah seorang fotografer asal Klungkung mengunggah foto-foto keindahan ngarai ini di internet yang lalu mendapat respon positif dari traveler.

Alamnya sangat eksotik dengan pemandangan yang spektakuler juga menawan. Begitu terpancar dari foto-foto yang terunggah di internet dan akhirnya membuat banyak orang datang ke sini karena penasaran akan kesungguhan dan keindahan hidden Canyon Beji Guwang.

Mengetahui banyaknya wisatawan yang berdatangan untuk melihat ngarai Beji Guwang dari sebelumnya tersembunyi ini pemerintah desa mulai berinisiatif mengelolanya membuat fasilitas seyogyanya memadai sebagai tempat wisata.

Peraturan desa pun tidak mewajibkan retribusi atau biaya masuk destinasi wisata alam ini, walaupun wisatawan hanya diminta donasi sukarela untuk bantuan pengembangan dan pembangunan menuju lokasi wisata.

Tips ketika berwisata ke Hidden Canyon Beji Guwang

Bagi kamu yang berniat mendatangi wisata jurang, tebing yang tinggi menjulang dialiri air jernih juga berwarna hijau kebiruan ini, tak salah untuk mengetahui tips-tips dari kami agar perjalanan jadi mudah.

Berikut tipsnya:   

§  Sebaiknya datang ketika musim kemarau tiba, untuk menghindari aliran sungai yang deras.

§  Lokasi ini sangat disakralkan oleh warga setempat, sehingga sangat disarankan untuk berpakaian dan bersikap yang sopan.

§  Jam terbaik untuk datang adalah pagi hari sekitar pukul 09.00 agar dapat menjelajah tiga ngarai sekaligus.

§  Sebaiknya menggunakan guide warga lokal agar tidak tersesat, karena mereka lebih mengenal medan yang dilalui.

§  Tak perlu membawa banyak bekal karena banyak warung yang menjual makanan.


‘Lets go to’ Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati

Memulai perjalanan dari kota Bali yaitu Denpasar sekira hanya berjarak 14 kilometer, beda satu kilometer saja dari Gianyar yang sekira 15 kilometer. Jika ingin cepat bisa melalui bypass Ida Bagus Mantra dan sampai di perempatan Desa Ketewel, ambil jalur mengarah ke Jalan Raya Ketewel, ambil arah ke Jalan Raya Guwang.

Setelah sampai di Patung Garuda, sekitar 750 meter kemudian terdapat Pura Dalem. Nah, di area parkir Pura Dalem cukup luas dan setelah parkir kendaraan, lanjut dengan berjalan kaki menuju Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati yang juga dekat  dengan Pasar Seni Sukawati.

Administrasi pemerintah kota mencatat hidden Canyon Beji Guwang berada di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Di sini, belum terlalu ramai pengunjung karena memang baru dibuka oleh penduduk setempat lantaran sebelumnya di sini adalah areal yang disakralkan.


klik di sini untuk lihat video

No comments:

Post a Comment