Breaking

Thursday, 8 November 2018

Aling-Aling Buleleng, Air terjun cantik butuh pengorbanan untuk sampai tapi 'terbayar'




AIR TERJUN ALING-ALING BULELENG KIAN MEMBUAT CANTIK WISATA ALAM YANG ADA DI PULAU DEWATA, BALI. PESONA KEINDAHAN AIR TERJUN ALING-ALING BULELENG RASA-RASANYA MAMPU MENANDINGI DUA AIR TERJUN KENAMAAN SEBELUMNYA, AIR TERJUNG GIT-GIT DAN AIR TERJUN SEKUMPUL.


Ketahui, Air Terjun Aling-Aling punya ketinggian sekitar 35 meter dengan curahan air sangat deras menghujam ke bawah. Pemandangan di sekitar air terjun terdapat tebing-tebing tinggi yang terlihat semakin memperkokoh keberadaan air terjun dengan dua jalur ini. Air terjun yang sebelah kanan memiliki debit air yang lebih besar daripada di sebelahnya.

Di bawah guyuran air terjun, ada kolam air dengan kedalaman sekitar 4 meter. Kolam ini sangat asyik untuk berenang dan menyelam demi merasakan begitu segarnya air pegunungan.

“Kita dapat berenang sambil mandi di bawah guyuran air terjun. Pemandangan air terjun dan tebingnya sangat indah, sehingga jangan sampai melewatkan untuk tidak berfoto di lokasi seperti ini,” kata seorang pengunjung.

Seperti nampak dalam foto, tebing-tebing yang mengelilingi Air Terjun Aling-Aling ini banyak ditumbuhi pepohonan, tak heran jika suasana di sini sangat sejuk, dingin dan segar. Bahkan, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang begitu alami dalam perjalanan menuju Air Terjun Aling-Aling Buleleng.

Kontur jalan

Perjalanan setapak cukup jauh menuju lokasi wisata, tetapi dihiasi pepohonan hijau dan suasana hutan rimbun. Sangat cocok bagi mereka yang terbiasa hiking atau mendaki gunung.

Pengunjung akan mendengar suara gemericik air membentur bebatuan sebelum benar-benar sampai di hadapan air terjun. Hingga sampai di air terjun, kami atau siapapun terpesona akan air terjun aling-aling.

Tetapi, bagi mereka yang sering berkunjung menyarankan agar datang saat tidak musim penghujan. 

“Ke air terjun ini sebaiknya datang ketika musim panas karena ketika musim hujan airnya keruh dan tidak jernih."

Lokasi dan cara menuju

Letaknya berada di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali dan berjarak sekitar 110 kilometer dari Bandara International Ngurah Rai.

Berjarak sekitar 80 kilometer jika ditempuh dari Denpasar ke arah Singaraja menuju ke terminal Sukasada sampai di Balai Desa Sambangan, dengan menempuh waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Sampai di Balai Desa Sambangan, ada papan penunjuk jalan menuju arah Air Terjun Aling-Aling. Ikuti saja penunjuk jalan tersebut hingga sampai di lokasi air terjun dalam jarak sekitar 2 kilometer.

Terdapat tanda penunjuk lokasi yang memberi kemudahan bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan Air Terjun Aling-Aling Buleleng.

Tiket masuk  

Untuk masuk ke lokasi obyek wisata Air Terjun Aling-Aling tidak dipungut biaya, alias gratis. Untuk kesadaran bersama, maka disediakan kotak untuk donasi sukarela. Biaya hanya dikenakan ketika parkir kendaraan.

Disarankan menggunakan jasa guide lokal ketika berada di kawasan Air Terjun Aling-Aling ini.
Karena lokasinya masih perawan dan belum di tata dengan sempurna. 

Selain itu lokasi utama dari Air Terjun Aling-Aling jauh di pedalaman hutan.

 

No comments:

Post a Comment